Sabtu, 20 Maret 2021

 7 Penyakit Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung yang harus diwaspadai. Awalnya penyakit jantung dimonopoli oleh orang tua. Namun, saat ini ada kecenderungan penyakit ini juga diderita oleh pasien dibawah usia 40 tahun. Hal ini bisa terjadi karena adanya pergeseran gaya hidup, kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat yang memunculkan “tren penyakit” baru yang bersifat degeneratif. Sejumlah perilaku dan gaya hidup yang ditemui pada masyarakat perkotaan antara lain mengkonusmsi makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemah jenuh tinggi, kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kerja berlebihan, kurang berolaharga dan stress.

7 Penyakit penyebab timbulnya penyakit jantung selain disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang kurang sehat dan tidak disiplin, ada beberapa faktor lainnya yang melatar belakangi penyakit jantung itu muncul dari beberapa komplikasi lain.



7 Penyakit Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung antara lain:

1. Kelebihan berat badan (obesitas)

Kelebihan berat badan termasuk salah satu diantara 7 Penyakit Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung karena kelebihan berat badan yang terjadi akibat adanya penumpukan sel- sel lemak yang menyebabkan beban jantung semakin berat. Obesitas disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. cara mencegah penyakit jantung dengan memenuhi asupan makanan yang tidak melebihi kebutuhan dan diimbangi aktivitas gerak yang cukup. Obesitas juga dapat muncul karena seseorang sering mengkonsumsi obat – obatan tertentu seperti obat depresi dan faktor usia.  Selain itu, timbunan lemah dalam otot yang menutupi jantung dapat mengganggu efisiensi gerakan jantung anda.

2. Hipertensi

Hipertensi merupakan faktor utama yang harus diperhatikan dari 7 penyakit penyebab timbulnya penyakit jantung koroner. Hipertensi berhubungan erat dengan timbulnya penyakit jantung. Hipertensi menjadi pemicu rusaknya dinding dan bagian dalam pembuluh arteri, sehigga kemungkinan dapat menyebabkan pembekuan darah yang membuat kerja jantung menjadi berat dalam memompa darah keseluruh tubuh anda. Jika hal ini terjadi pada jantung, seiring berjalannya waktu, maka akan menjadi peyebabkan gejala awal dari serangan jantung.

3. Diabetes mellitus

Penyakit ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap komplikasi penyakit lainnya yang dapat dijadikan pemicu timbulnya penyakit degeneratif yang cukup berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. cara mencegah penyakit jantung dengan menjaga menjaga berat badan ideal melalui olahraga dan gizi yang seimbang. Adanya penyakit diabetes juga memicu risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah dan arteriosklerosis.Penyebab diabetes antara lain karena sering mengkonsumsi teh manis. Tingginya asupan gula yang terdapat pada teh manis menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi.

Cara mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kalori yang terkandung dalam teh manis sekitar 250 – 300. Sedangkan tubuh kita hanya membutuhkan 1.900 kalori perhari. Jika dari teh manis saja sudah mendapat kalori sebesar 1.000 – 1.200 kalori ditambahkan dengan tiga kali makan nasi dan lauk, mana mungkin anda tidak mengalami diabetes. Makanan atau minuman yang menyebabkan diabetes dapat digantikan dengan air putih, teh tanpa gula, atau bisa juga batasi konsumsi gula tidak lebih dari dua sendok teh perhari.

4. Kadar lemak darah (kolesterol) tinggi

Peningkatan kadar kolesterol menjadi 7 Penyakit Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung dalam darah yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner. Risiko terjadinya arteriosklerosis dan serangan jantung juga dipengaruhi oleh kadar kolestetrol LDL atau kolesterol jahat. Jika kolesterol yang tersedia lebih banyak dari yang dibutuhkan LDL akan beredar dalam aliran darah dan akhirnya akan berakumulasi di dinding arteri. Akibatnya, akan terbentuk semacam plak yang menyebabkan dinding arteri menjadi kaku dan rongga pembuluh darah menyempit.

Cara mencegah penyakit jantung dengan menghindari kadar kolestelor tinggi, anda dapat mengkonsumsi makan makanan dengan kadar kolesterol yang rendah, seperti mengkonsumsi kedelai, ikan, seafood, buah-buahan dan saturan.

5. Merokok

Merokok tidak termasuk dalah 7 penyakit penyebab timbulnya penyakit jantung, namun Asap rokok dan Zat nikotin yang terkandung dalam rokok yang kita hisap menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arteri dan faktor pembekuan darah yang mengurangi jumlah oksigen yang masuk dalam darah. Keadaan seperti ini dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan stroke. Perokok berisiko terken astroke dan jantung koroner 2 kali lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Mengurangi rokok dapat menjadi cara mencegah penyakit jantung.

6. Kurangnya aktivitas fisik

Jika tubuh kurang bergerak maka timbunan lemak lebih cepat terkumpul karena tidak terjadi di dalam tubuh. Kurangnya aktifitas fisik menyebabkan kurangnya pula pembakaran lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, risiko terjadi obesitas semakin tinggi. Otot jantung juga tidak dapat bergerak dengan baik. Hal ini akan memperberat risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Cara mencegah penyakit jantung dengan memenuhi kurangnya aktivitas anda dapat melakukan sedikit pergerakan tubuh, seperti lari, joging, berenang, dll yang termasuk dalam kegiatan yang dapat membakar lemak.

7. Stress

Stress yang terus-menerus akan memacu kerja jantung dan merangsang pembentukan adrenalin yang bepengaruh buruk pada kesehatan pembuluh jantung anda. Tingkat stress yang tinggi sangat membehayakan kesehatan. Menurut penelitian ahli kesehatan klinis, stress dapat memicu semburan adrenalin dan zat katekolamin yang tinggi. Akibatnya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung dan meningkatkan denyut jantung sehingga mengganggu suplai darah ke jantung. Untuk menangangi stres yang anda alami, sangat disarankan untuk melakukan hal atau kegiatan yang membuat hati anda senang atau jalan – jalan dan membuat fikiran anda fileks atau senam yoga yang termasuk cara mencegah penyakit jantung.

Penjelasan diatas menjelaskan 7 penyakit penyebab timbulnya penyakit jantung yang harus anda waspadai sejak dini.


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget