Sabtu, 20 Maret 2021

 Ponsel sudah menjadi gaya hidup masa kini yang tidak terpisahkan.Kapanpun dan dimanapun, ponsel selalu menemani hari-hari kita. Fungsi handphone masa kini memang sudah bergeser dari yang hanya sebagai penghubung antar orang melalui panggilan menjadi penghubung melalui jaringan internet ke seluruh dunia.

Perkembangan teknologi juga menjadikan ponsel semakin multifungsi, hampir semua hal bisa dilakukan dengan ponsel. Karena itu berpisah dengan ponsel rasanya seperti terkena bencana besar. Lalu bagaimana jika hal-hal diluar kendali kita terjadi pada ponsel kita?

Misalnya ponsel tercebur ke dalam air, sehingga seluruh komponen yang terkena air akan rusak dan membuat semua komponennya tidak berfungsi selamanya. Jika tak mau demikian, lakukan 5 hal ini dengan segera saat handphone tercelup air.



1. Segera tekan tombol off

Jika handphone tercelup air maka yang paling pertama dilakukan segera adalah menekan tombol off jika ponsel dalam keadaan menyala. Hal itu bertujuan untuk mematikan sumber daya terlebih dahulu sebelum air membuat kerusakan bertambah parah.

2. Keringkan dengan handuk serat mikro

Dalam keadaan basah kuyup, ambil dan segera cari handuk kering untuk mengelapnya. Jangan asal menggunakan kain untuk mengeringkan handphone yang basah tapi gunakan kain yang seratnya tidak tertinggal di sela-sela ponsel. Pastikan microphone dan speaker kering.

3. Bongkar ponsel hingga semua bagian

Setelah itu bongkar seluruh bagian ponsel yang mudah dijangkau dan keringkan sembari diangin-anginkan. Kalau perlu, buka segel garansi untuk membuka batangan atau bagian paling dalam dari ponsel. Tak masalah segel terbuka, toh ponsel terkena air tidak bisa diklaim garansinya.

4. Letakkan ponsel dikotak kedap udara

Anda bisa juga membungkusnya dengan plastik wrap, plastik yang biasanya untuk membungkus buah dalam parcel. Sebelum dimasukkan ke dalam kotak atau plastik kedap udara, letakkan silica gel ke dalamnya untuk menyerap kelembapan yang masih tersisa akibat tercelup air.

5. Biarkan mati selama 3 hari

Tunggulah ponsel Anda selama 3 hari agar benar-benar seluruh komponennya kering. Sehingga saat dinyalakan, tidak terjadi konsleting. Setelah melalui proses yang panjang, saatnya Anda hidupkan ponsel kembali 😀

Demikian beberapa tips yang harus dilakukan saat ponsel tercelup air. Jika tips ini telah dilakukan dan tidak berpengaruh maka mau tidak mau Anda harus membawa ponsel ke tempat reparasi handphone.


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget