Sabtu, 20 Maret 2021

 Tubuh memerlukan waktu istirahat untuk menormalkan metabolisme tubuh sehingga bekerja dengan optimal. Akan tetapi sebagian orang sangat susah tertidur sehingga memilih mengerjakan pekerjaan lain daripada berusaha untuk tidur. Padahal seharusnya jika Anda mengalami susah tidur atau dikenal dengan insomnia maka sebaiknya berusaha untuk tidur sebisa mungkin.

Jangan menyerah terlebih dahulu, cobalah enam tips agar tidur nyenyak malam ini dari para dokter spesialis tidur yang terbukti ilmiah. Meskipun ada salah satu tips yang terdengar konyol untuk dilakukan. Apa saja tips agar tidur nyenyak? berikut ulasannya.




1. Biasakan olahraga pada sore hari

Luangkan waktu Anda untuk berolahraga sore hari sepulang kerja. Setidaknya butuh 60 menit untuk olahraga agar Anda bisa tidur nyenyak malam harinya. Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan hormon stres, dengan begitu bisa cepat tidur malam harinya dan terbangun dalam kondisi prima.


2. Meniup gelembung sabun

Memang terdengar konyol, tapi meniup gelembung sabun yang biasa dilakukan ketika anak-anak efektif membuat Anda cepat tertidur. Salah seorang profesor dari John Hopkins University School of Medicine mengungkapkan hubungan antara meniup gelembung dengan tips tidur. Bahwa meniup gelembung sama halnya dengan bernafas dalam secara perlahan, oleh sebab itu tubuh akan tenang dan rileks sehingga cepat tidur.


Jika opsi ini tidak mungkin dilakukan karena tak sempat mempersiapkan gelembungnya maka ada alternatif lain yaitu dengan meditasi singkat. Caranya dengan duduk pada posisi yang nyaman lalu pejamkan mata dan mulailah menghitung tarikan nafas selama 15 menit. Pada saat kehilangan fokus sehingga lupa hitungannya maka mulailah menghitung dari awal setiap tarikan nafas. Metode seperti itu bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung, mengurangi tingkat kecemasan sehingga membantu Anda tertidur dengan nyenyak.


3. Buat daftar kegiatan esok hari

Menuliskan daftar keinginan atau kegiatan yang akan dilakukan esok hari termasuk salah satu cara untuk mengenyahkan stres. Dengan menulis dalam kertas maka kita bisa mengendalikan pikiran jadi lebih rileks.


4. Perdengarkan musik slow

Mendengarkan suara musik dengan tempo rendah membantu kita menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Tidak hanya membuat kita cepat tidur, mendengarkan musik slow membuat tidur kita bisa lebih lama dan nyenyak. Sama halnya ketika mendengar suara rintikan hujan yang lembut, oleh karena itu kita lebih nyenyak tidur saat hujan turun di malam hari.


5. Membaca buku sebelum tidur

Janet K Kennedy, seorang psikolog menganjurkan kita untuk membaca buku yang disukai sebelum tidur. Membaca buku merupakan salah satu cara mengalihkan perhatian karena rasa gelisah akan timbul dan berakibat stres yang akan membuat kita semakin sulit tidur. Jika Anda tidak suka membaca, mulai sekarang biasakan membaca dan koleksi buku-buku favorit Anda.


6. Jauhkan jam dari pandangan

Sebaiknya jika Anda ingin mudah tidur nyenyak di malam hari tak perlu menggunakan jam dinding atau benda lain yang menunjukkan waktu termasuk handphone. Tapi khsus Anda yang mengalami kesulitan tidur saja. Setelah lampu kamar dimatikan, jangan cek jam lagi meskipun saat Anda terbangun di tengah malam. Melihat jam hanya menimbulkan kecemasan karena Anda akan memikirkan berapa lama lagi harus bangun.


Coba 6 tips tidur nyenyak ini, Anda akan cepat tertidur dengan nyenyak. Tapi ingat, meskipun terbukti secara ilmiah tapi tidak semua orang cocok dengan mengaplikasikannya. Sebab setiap orang mempunyai kondisi yang berbeda baik karena faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Semoga tips agar cepat tertidur dengan nyenyak ini bermanfaat. Selamat mencoba.



0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget