Rabu, 17 Maret 2021

 Semua orang pasti mengiginkan agar tetap terlihat muda. Tanpa harus susah-susah melakukan berbagai perawatan mahal, sebenarnya ada cara yang simpel supaya awet muda. Selain menjalani pola hidup sehat, sebaiknya Anda juga harus menghindari kebiasaan makan dan beberapa asupan yang justru membuat Anda kelihatan lebih tua.

Hindarilah makan dalam kondisi stres. Mengapa? Karena, pada saat stres tubuh kita menghasilkan hormon kortisol. Tingginya kadar kortisol pada tibuh dapat menyebabkan tidak seimbangnya hormon lain yang berpengaruh pada sistem cerna manusia, sehingga nutrisi tidak terserap secara baik.

Pada saat orang mengalami stres, umumnya akan menganggap makanan adalah penenang pikiran, bahkan ada juga orang yang justru melewatkan makan, padahal hal ini adalah hal buruk bagi pikiran dan tubuh kita. Tidak hanya itu, tidak minum cukup air juga dapat membuat kulit kering, mengelupas, serta berkerut yang membuat kita tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Hidrasi yang baik bisa mengangkut nutrisi penting pada kulit untuk meremajakan kulit dan mencegah penuaan.



Sebagaimana disampaikan oleh The Suburban, berikut adalah beberapa asupan yang sebaiknya tidak kita konsumsi agar tidak terlihat lebih tua:

1. Terlalu Banyak Garam
Makanan tinggi garam dapat membuat tubuh kita dehidrasi dan menyebabkan tekanan darah tinggi, bahkan juga bisa mengakibatkan gangguan ginjal. Garam juga dapat membahayakan kesehatan mental pada orang tua dan kepadatan tulang.

2. Lemak Trans
Lemak trans tidak dapat ditemukan secara alami pada makanan, melainkan diproduksi sekaligus dimasukkan ke dalam makanan untuk membuat warna, rasa, dan tekstur makanan awet. Lemak ini dapat menimbulkan kolesterol, obesitas,  peradangan, dan meningkatkan resistensi insulin. Studi juga menunjukkan bahwa makan daging warna merah terlalu banyak dan produk susu yang berlemak dapat membuat otak menua lebih cepat.

3. Makanan Olahan
Biskuit, Roti, kue, dan sereal, adalah beberapa contoh jenis makanan olahan dan mengandung gula putih yang tinggi. Ketika terlalu banyak gula masuk ke dalam tubuh, kulit tidak dapat menghasilkan kolagen yang cukup dan akan menjadi keriput. Tubuh kita juga tidak mampu memperbaiki dirinya sendiri secara efisien. Selain itu, terlalu banyak asupan gula juga akan membuat kita lebih cepat kehilangan memori, penglihatan dan pendengaran. Di beberapa penelitian juga menunjukkan gula berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan alzheimer.


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget