Jumat, 19 Maret 2021

 Kelebihan dan Kekurangan Meminjam Uang di Bank adalah salah satu hal yang perlu anda pahami, Hidup di dunia ini semuanya butuh modal termasuk untuk mendirikan sebuah usaha abik kecil, menengah, maupun yang besar sekalipun.


Bahkan tidak hanya untuk mendirikan saja, perluasan usaha pun juga membutuhkan modal yang tidak kecil.

Agar dapat menjangkau dan mendapat modal usaha biasanya seseorang menginginkan hal yang instan atau bisa dibilang mendapatkan uang di awal tanpa usaha, nah produk perbankan yaitu pinjaman inilah yang dapat mengatasinya dengan mudah.

Anda hanya menyiapkan beberapa persyaratan dan uangpun akan ditangan anda untuk dijadikan modal usaha. Begitu mudahnya mendapatkan uang secara instan.

Tetapi ingat, dibalik kelebihan pastilah ada kekurangannya, begitu pula dalam pinjam-meminjam di bank. Kali ini kamu akan mempelajari apa saja kelebihan dan kekurangan meminjam di bank itu.







Kelebihan dan Kekurangan Meminjam Uang di Bank



Sisem pinjaman di bank merupakan sebuah sistem yang memudahkan seseorang untuk meminjam uang. Apa saja kelebihan dari meminjam uang di bank? Akan disebutkan dibawah ini.

Kelebihan meminjam uang di bank

  • Mudahnya mendapatkan modal untuk usaha

Kebanyakan masyarakat meminjam uang di bank digunakan untuk mendirikan sebuah usaha di wilayahnya. Mulai dari yang kekurangan modal untuk usaha bahkan yang tidak mempunyai modal sama sekali.

Beruntung terdapat sebagian bank yang membuat sistem pinjaman khusus digunakan untuk UMKM atau UKM.

  • Bunga yang ditetapkan sudah jelas dari awal pinjaman

Di setiap bank mempunyai jumlah suku bunga untuk hal pinjaman ini sehingga para peminjam akan mudah untuk merencanakan dan memperhitungkan berapa jumlah uang yang akan dikembalikan nantinya.

  • Syarat peminjaman yang relatif mudah

Meminjam di bank sangatlah mudah yang tergantung dari bank itu sendiri. Biasanya pihak bank menyuruh si pemiinjam untuk membawa beberapa berkas saja dan setelah proses selesai uangpun sudah bisa untuk diambil.

  • Sistem pinjaman yang aman dan terpercaya

Setiap bank di Indonesia sudah diawasi oleh pihak berwenang terutama Bank Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang sistem yang memberatkan.

Apalagi sebelum meminjam sudah diberitahukan terlebih dahulu oleh pihak bank tentang peraturannya, jangka waktu, dan sebagainya.


Apakah dari kelebihan diatas membuatnya tidak terdapat kekurangan? Tentu saja tidak, karena semua sistem mempunyai kedua sisinya.

Kekurangan meminjam uang di bank

  • Tidak ada kompensasi tambahan waktu pengembalian

Apabila kamu sudah saatnya mengembalikan pinjaman, saat itu pula kamu harus mengembalikannya. Karena bank sangat taat aturan dan berjalan sesuai kesepakatan.

Saat kamu membayar tetapi sudah melebihi batas waktu yang disepakati, kamu akan menerima denda yang harus dibayarkan kepada pihak bank.

  • Kesenjangan sosial menjadi bertambah

Dampak yang satu ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi secara perlahan sesuai perilaku manusia itu sendiri.

Dengan melakukan pinjaman di bank, seluruh komponen bank akan menjadi lebih unggul dari si peminjam dan selamanya berjalan seperti itu dengan kata lain yang miskin jadi tambah miskin, yang kaya akan tambah kaya.

  • Tidak membayar, asset akan disita

Pihak bank tidak akan menanggung rugi begitu saja apabila peminjam tidak melakukan pelunasan pinjaman. Pihak bank akan menyita asset yang dimilikinya sebagai ganti rugi, entah sementara atau permanen sesuai dengan peraturan didalam bank tersebut.

Sekali lagi, semua kelebihan pasti memiliki kekurangan termasuk sistem didalam urusan pinjam-meminjam di bank.

Lebih baik apabila mau melakukan pinjaman, pinjamlah saat mengalami urusan terdesak saja seperti krisis keuangan. Jangan sampai berfoya-foya tanpa memikirkan akhirnya.

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan meminjam uang di bank, semoga informasi ini dapat memudahkan kamu dalam hal finansial.



0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget