Sabtu, 20 Maret 2021

 Cara Mencegah Penyakit Jantung di Indonesia yang termasuk dalam kategori penyakit mematikan yang selalu meningkatkan angka kematian di Indonesia. Jantung kita terdiri dari otot-otot jantung yang dialiri oleh pembuluh darah yang sering kita disebut sebagai pembuluh koroner. Pembuluh koroner bertugas memberi nutrisi pada otot jantung dan serabut-serabut saraf dalam jantung kita. Serabut-serabut syaraf itulah yang mengendalikan jantung (saraf otonomi jantung), di mana otomatisasi jantung berjakan dari SA (sinoatrial) Node ke AV (AtrioVentrikular) Node allu menyebar ke seluruh otot jantung. Kemudian, adapula katup jantung yang membuka dan menutup untuk menjaga aliran dalam satu arah.

Jantung berisitirahat ketika kita tidur. Namun, meskipun kita sedang beristirahat bukan berarti jantung kita berhenti berdenyut.  Jantung berkontraksi minimal ketika kita tidur. Saat istirahat, jantung berdenyut 50-60 kali per menit, sedangkan saat bekerja jantung berdenyut 100-120 kali per menit. tidur sangat oetning bagi kesehatan jantung. Bahkan hukan hanya penting untuk kesehatan jantug melainkan semua anggota tubuh yang vital.

Penyakit jantung menjadi suatu kekhawatiran bagi masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Untuk mencegah timbulnya penyakit jantung yang menyerang anda, sebelum dijelaskannya cara mencegah penyakit jantung berikut beberapa gejala awal yang timbul pada orang yang menderita penyakit jantung.



Gejala Awal yang Muncul pada Penderita Penyakit Jantung antara lain:

1. Terasa berdebar pada jantung penderita seperti tertekan sesuatu.

2. Sesak nafas yang disertai dengan keluarnya keringat dingin dan merasakan kesemutan yang dirasakan hingga bagian punggung, lengan, dan bagian yang lainnya.

3. Penderita akan merasakan nyeri pada bagian dada yang terasa seperti tertusuk.

4. Penderita penyakit jantung akan merasa mudah lelah dan mengalami kesulitan saat akan tidur.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara :

1. Istirahat yang cukup untuk membantu menstabilkan detak jantung anda.

2. Menjaga agar aliran darah ke jantung cukup. Dengan cara berfikir positif supaya bisa menjamin kolesterol anda akan terkontrol dengan baik.

3. Tidak mengonsumsi segala sesuatu yang bisa merusak otot jantung.

4 Makan 9 porsi sayuran dan buah buahan untuk asupan gizi setiap hari.

Ada beberapa cara mencegah penyakit jantung dengan menjaga agar aliran darah ke jantung cukup, rawatlah setiap bagian jantung dengan :

1. Menghindari hal-hal yang dapat merusak pembuluh jantung koroner, menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung, misalnya kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi, gula darah yang terlalu tinggi, serta asap rokok. Semua itu dapat menyebabkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah jantung (pembuluh darah koroner). Kenali tekanan darah anda, atur tekanan darah anda supaya tetap stabil mencapai angka 115/75. Tekanan darah anda lebih penting dibandingkan kolestelor pada darah anda. Anda bisa mengatur tekanan darah anda dengan berolah raga dengan teratur dan mengurangi lemak pada perut anda.

2. Cara mencegah penyakit jantung yang berhubungan dengan otot jantung anda, hindari obat-obatan dan zat-zat yang bisa merusak otot jantung anda, misalnya kurare (semacam pelemas otot, seperti pada bisa ular), sianida dan alkohol.

3. Berkaitan dengan sistem penghantaran saraf jantung, saraf jantung bisa dirusak oleh virus-virus dan obat-obat yang beracun atau zat-zat tertentu seperti Pb (timah hitam).

4. Kuman-kuman tertentu dapat merusak katup jantung, seperti kuman Beta Sreptococcus haemolyticus. Kuman ini biasanya terdapat di antibiotik yang cukup, maka kuamn-kuman yang ada di tenggorokan tadi bisa menghasilkan suatu racun yang bisa menyebabkan katu-katup jantung mengeras dan menyempit.

Selain cara mencegah penyakit jantung diatas, ada beberapa tips pencegahan penyakti jantung dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah oleh dr. Djoko Maryono DSPD, DSPJ, Fase :

1. Hindari/berhentilah merokok sedini mungkin

Nikotin, karbonmonoksida dan zat-zat radikal bebas lain yang terkandung dalam rokok berpotensi menimbulkan kerusakan dinding pembuluh darah. Hal ini memudahkan kolesterol melekat pada dinding pembuluh darah sehingga terbentuklah plak. Risiko terkena serangan jantung akan meningkat 50% jika mengisap 4 batang rokok per hari.

2. Berolahragalah secara teratur

Dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga yang rutin, jantung kita akan berdenyut lebih cepat, maka aliran darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh juga akan meningkat. Jumlah kolesterol baik (HDL) akan meningkat, sedangkan kolesterol jahat (LDL) akan menurun. Selain itu, berolahraga juga menbantu kita menurunkan berat badan.

Rutin melakukan olah raga misalnya, jalan kaki, senam pernafasan, berenang, joging, tennis, dan berjemur dibawah sinar matahari pagi antara jam 6-8 kerena sinar matahari pagi mengandung banyak sinar far infra rad. mininal berjemur 3 kali dalam seminggu maksimal 40 menit, lebih sering anda berjemur akan lebih baik bagi kesehatan jantung anda.

3. Milikilah pola makan sehat

Cara mencegah penyakit jantung dengan aman tidak mengonsumsi segala sesuatu yang bisa merusak otot jantung.Batasi konsumsi daging berwarna merah dan daging unggas maksimal 150 gram per hari. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji (junk food), juga minuman soft drink. Tingkatkan asupan makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan minimal 3 ons per hari, Cukup mengkonsumsi makan makanan yang mengandung omega 3 tinggi seperti salmon omega 3,  Minyak Ikan, Telor yang mengandung Omega 3, agar agar, buah – buahan minimal 3 ons per hari, sayuran, susu kedelai, tempa, dll. serta kurangi makanan yang asin-asin atau terlalu manis.

4. Hindari stress berlebihan

Menghindari stres yang berlebihan termasuk cara mencegah penyakit jantung. Stress dapat meningkatkan kadar hormon epinefrin yang merangsang naiknya tekanan darah dan denyut jantung. Keadaan ini akan mempermudah kerusakan dinding pembuluh darah.


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget