Rabu, 17 Maret 2021


 Persoalan kesuburan memang menjadi masalah yang sering mengganggu untuk pasangan yang belum dikarunia keturunan. Konsultasi dengan ahli kandungan adalah jalan yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut. Namun selain itu perlu anda ketahui bagi yang memiliki masalah kesuburan, ada beberapa sumber makanan yang terbukti mampu meningkatkan kesuburan pada wanita bila dikonsumsi secara teratur.

Ada beberapa jenis makanan yang tertentu dan telah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan kesuburan. Di bawah ini adalah 8 jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan pada wanita:

1. Buah dan sayuran yang berwarna cerah
Bukan rahasia lagi kalau buah dan sayuran adalah sumber gizi yang sangat penting untuk pria dan wanita. Selain kaya kandungan mineral vitamin, dan nutrisi penting, buah-buahan segar dan sayuran kaya akan fitokimia dan antioksidan yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas. Saat radikal bebas menumpuk di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk bisa menyebabkan gangguan pada hormon reproduksi. Bahkan buah dan sayuran juga bisa menghilangkan racun yang bisa mengganggu pembuahan.

Pilihlah warna buah yang cerah sebanyak mungkin. Sebagai acuan, semakin kuat warnanya, kandungan nutrisi pada buah dan sayuran semakin lebih banyak. Misal seperti buah Berries, ia memiliki banyak kandungan bergizi. Makanan ini bisa membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah penuaan sel. Buah ini tidak hanya bisa mempengaruhi tubuh, selain itu juga berpengaruh pada telur dalam saluran reproduksi. Perlu di ingat, jauhi segala macam buah dan sayur kalengan, karena ia memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan mengandung bahan pengawet serta pemanis buatan.

2. Konsumsi Daging ayam
Mengkonsumsi daging ayam sangatlah penting, karena daging ayam tinggi zat besi dan protein yang penting bagi wanita yang sedang berusaha untuk hamil. Zat besi dan protein sangat penting untuk wanita sebelum dan selama kehamilan. Walaupun zat besi dan protein bisa ditemukan juga pada produk non hewani, akan tetapi ada hubungan yang penting antara protein hewani dan peningkatan kesuburan. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang kekurangan zat besi memiliki potensi besar untuk menderita kemandulan daripada wanita yang kebutuhan zat besinya tercukupi.

Pastikanlah untuk memilih ayam yang telah diproses dengan teknik sehat dan hindari ayam yang digoreng atau tinggi lemak.

3. Telur
Banyak orang yang kaget mengetahui bahwa telur adalah makanan super kuat yang dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Telur kaya akan nutrisi penting dan vitamin seperti kolin dan protein. Asupan kolin sangatlah dibutuhkan sebelum dan saat hamil, karena bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat. Asam folat sangat ungent selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida. Mengkonsumsi satu telur tiap hari bisa meningkatkan kadar kolin yang cukup untuk meningkatkan penyerapan dua kali lipat asam folat.

4. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau sangat kaya dengan zat besi dan antioksidan, seperti bayam dan kangkung. Zat besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang seimbang. Mengapa demikian? karena perempuan yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi tidak teratur. Ketika perempuan mengalami gangguan pada siklus menstruasi, mereka cenderung kesulitan untuk hamil. Dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau ke dalam menu setiap hari, anda dapat meningkatkan kadar zat besi secara signifikan dalam masa waktu satu bulan.

5. Susu, Keju, Yogurt dan Es Krim
Menambah asupan kalsium dari sumber makanan kaya lemak susu, seperti susu, yogurt, keju dan es krim, tidak hanya akan membantu memperkuat tulang, tetapi juga bisa membantu sistem reproduksi berfungsi lebih efisien. Kalsium adalah nutrisi penting untuk wanita di semua tahapan hidup, termasuk didalamnya adalah kehamilan. Kebanyakan ibu hamil memahami pentingnya mendapatkan cukup kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, juga untuk menjaga pasokan kalsium dalam tubuhnya sendiri. Kalsium juga penting artinya selama fase prakonsepsi untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Alasan mengenai hubungan antara susu dan meningkatkan kesuburan belum banyak diketahui. Akan tetapi para ilmuwan sudah melakukan banyak penelitian pada berbagai subjek, yang kesemuanya mengarah pada manfaat asupan tinggi kalsium terhadap kesehatan reproduksi. Perempuan yang berusaha untuk hamil harus memenuhi sekitar 1.000 miligram kalsium setiap hari, setara dengan sekitar 8 ons gelas susu per hari.

Pada penelitian terbaru menyimpulkan bahwa produk susu yang dikonsumsi haruslah yang tinggi kandungan lemaknya untuk meningkatkan kesuburan. Meskipun alasannya tidak diketahui, tetapi menurut sebuah studi terakhir, pada produk susu yang rendah lemak tidak memiliki dampak positif yang sama untuk meningkatkan kesuburan seperti yang ada pada produk susu yang tinggi lemak. Bahkan, penelitian menemukan, perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan kesuburan. Selama berat badan kita berada dalam kondisi kisaran normal, sebaiknya pilihlah susu yang tinggi lemak setidaknya satu porsi per hari untuk kebutuhan kalsium kita.

6. Karbohidrat kompleks
Dalam beberapa tahun terakhir ini, karbohidrat telah mendapat label buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan bisa membuat lingkar pinggang menjadi besar. Beberapa perempuan yang sedang berusaha untuk hamil, sangatlah keliru jika mereka berpikir harus menghindari karbohidrat demi mempertahankan berat badan mereka. Karena tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Karbohidrat kompleks, seperti halnya biji-bijian, tidaklah hanya sehat, tetapi bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita, tidak seperti pada karbohidrat yang ditemukan dalam nasi putih dan roti olahan. Ketika kita mengkonsumsi karbohidrat olahan, maka kadar gula darah dan insulin akan meningkat. Hal tersebut bisa mengganggu hormon yang bertugas untuk reproduksi, yang bisa menunda atau mencegah pembuahan.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Proses cerna kacang-kacangan dan biji-bijian dalam tubuh lebih lambat, sehingga akan membantu mengatur tingkat insulin dan meningkatkan ovulasi. Jangan lupa, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega 3, sebuah asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga sangat tinggi antioksidan. Selain dapat menghilangkan radikal bebas, antioksidan sangat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tubuh perempuan dari menyerang sperma pria.

8. Minyak zaitun
Sebagaimana telah disebutkan di atas, Omega-3 diyakini mempunyai efek yang sangat besar untuk meningkatkan kesuburan (Baca juga ulasan mengenai Manfaat Omega 3 Untuk Bayi dan Anak). Omega 3 umumnya ditemukan pada minyak zaitun. Studi menemukan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas pada sperma dan sel telur, sehingga ia juga menjadi bagian penting bagi kesuburan pria dan wanita yang berusaha hamil. Untuk mengetahui lebih detail tentang sumber omega tiga,


0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blog Archive

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget